ANALISIS RISIKO INVESTASI PADA PERUSAHAAN TAMBAK UDANG DI KECAMATAN MARONGE KABUPATEN SUMBAWA

Novriani, Nova (2018) ANALISIS RISIKO INVESTASI PADA PERUSAHAAN TAMBAK UDANG DI KECAMATAN MARONGE KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat risiko investasi yang dihadapi oleh PT. Maju Tambak Makmur dan PT. Arnawa Stambhaputra dan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya risiko pada PT. Maju Tambak Makmur dan PT. Arnawa Stambhaputra di Kecamatan Maronge Kabupaten Sumbawa periode Tahun 2013-2017. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan unit analisis perusahaan tambak udang PT. Maju Tambak Makmur dan PT. Arnawa Stambhaputra kecamatan Maronge kabupaten Sumbawa. Perosedur analisis dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik yang menghitung nilai arus kas bersih (proceeds), Net Present Value (NPV), Internal Rate Of Return (IRR), Deviasi Standardan menetukan penyebab terjadinya risiko. Hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan Net Present Value (NPV) target dengan Net Present Value (NPV) rill dari kedua perusahaan tambak udang yaitu PT. Maju Tambak Makmur dan PT. Arnawa Stambhaputra sama-sama bernilai positif (+) dimana Net Present Value (NPV) target lebih besar dari Net Present Value (NPV) rill. Kemudian dari perhitungan Internal Rate of Return (IRR) target maupun rill dari kedua perusahaan menghasilkan IRR lebih besar dari nilai tingkat suku bunga yang berlaku (Discount factor)ini berarti menunjukkan bahwa Present Value Net Cash Flow (PVNCF) dan Present Value Terminal Cash Flow (PVTCF) dapat menutupi Initial Investment dengan demikian usulan proyek investasi diterima. perhitungan standar deviasi dapat diketahui besarnya risiko yang dihadapi oleh kedua perusahaan tambak udang selama periode penelitian tahun 2013-2017 adalah sebesar 76.660.947 untuk PT. Maju Tambak Makmur dan sebesar 3.522.403 untuk PT. Arnawa Stambhaputra, jadi risiko yang dihadapi oleh PT. Maju Tambak Makmur lebih besar dibandingkan PT. Arnawa Stambhaputra Risiko tersebut terjadi disebabkan karena adanya selisih dari pendapatan, biaya dan laba yang direncanakan dengan yang terealisasi sehingga terjadi suatu penyimpangan antara pendapatan, biaya, dan laba yang direncanakan dengan yang terealisas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Arus kas bersih (Proceeds), Biaya Modal (cost of capital), Net Present Value (NPV), Internal Rate Of Return (IRR), Standar Deviasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:08
Last Modified: 27 Nov 2018 00:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10660

Actions (login required)

View Item View Item