PERENCANAAN ULANG JEMBATAN KESEJAHTERAAN DENGAN MENGGUNAKAN PRECAST CONCRETE U GIRDER (PC U GIRDER) Redesign of Kesejahteraan Bridge Using Precast Concrete U Girder (PC U Girder)

PUTRI, LUTFI AMALIA (2018) PERENCANAAN ULANG JEMBATAN KESEJAHTERAAN DENGAN MENGGUNAKAN PRECAST CONCRETE U GIRDER (PC U GIRDER) Redesign of Kesejahteraan Bridge Using Precast Concrete U Girder (PC U Girder). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel - Perencanaan Ulang Jembatan Kesejahteraan dengan Menggunakan PCU-Girder.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jembatan Kesejahteraan merupakan jembatan penghubung dari arah Mataram menuju arah Lembar yang berada di Desa Taman Ayu, Labuapi, Lombok Barat. Jembatan ini memiliki bentang yang terbagi menjadi dua yaitu 45 m dan 25 m serta memiliki satu buah pilar, jembatan ini menggunakan konstruksi precast concrete I girder. Dalam tugas akhir ini dilakukan perencanaan jembatan Kesejahteraan dengan bentang sederhana yang terbagi menjadi dua yaitu 42 m dan 28 m dan memiliki satu pilar. Tipe konstruksi yang digunakan adalah precast concrete U girder dan sistem prategang yang digunakan adalah sistem posttension. Tujuan penggunaan konstruksi ini agar mampu menahan lendutan, geser dan torsi secara lebih efektif. Perencanaan jembatan ini dimulai dengan pengumpulan data-data yang diperlukan seperti panjang dan lebar jembatan, lebar jalan dan trotoar, data tanah dan lain-lain. Dari data- data perencanaan kemudian dilakukan preliminary design penampang dan perhitungan pembebanan. Girder yang didesain yaitu standar Precast Concrete U Girder (PC-U Girder) berdasarkan bridge product dari PT. Wika Beton. Pada tahap awal perencanaan dilakukan analisa beban yang terjadi, antara lain analisa berat sendiri, analisa beban mati sendiri, analisa beban mati tambahan, analisa beban lalu lintas, gaya rem, beban gempa, beban angin, pengaruh temperature, pengaruh susut dan rangkak, dan analisa kehilangan prategang yang terjadi. Selanjutnya dilakukan kontrol tegangan, lendutan, dan momen, kemudian perhitungan penulangan U girder dan blok ujung. Setelah perhitungan struktur atas diakukan, tahap selanjutnya perhitungan bangunan bawah yang terdiri dari abutment, pilar dan pondasi. Hasil analisis untuk bentang jembatan 42 m didapatkan tinggi PC-U girder yang digunakan adalah 1,85 m dengan memiliki 4 tendon berpasangan yang terdiri dari 15 strands pada setiap tendon. Diameter strands 15,7 mm dan diameter duct 85 mm. Sedangkan, hasil analisis untuk bentang jembatan 28 m didapatkan tinggi PC-U girder yang digunakan adalah 1,65 m dengan memiliki 3 tendon berpasangan yang terdiri dari 13 strands pada setiap tendon. Diameter strands 15,7 mm dan diameter duct 80 mm. Dimensi bangunan bawah digunakan abutment dengan tinggi 7,3 m dengan lebar pile cap 4 m dan pilar dengan tinggi 10 m dengan lebar pile cap 6 m. Untuk pondasi abutment digunakan tiang pancang baja dengan diameter tiang 0,5 m sebanyak 12 buah dan pondasi pilar digunakan tiang pancang baja dengan diameter tiang 0,5 m sebanyak 15 buah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Precast concrete u girder, Beton prategang, Posttension prestress, Jembatan Kesejahteraan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:08
Last Modified: 27 Nov 2018 00:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10663

Actions (login required)

View Item View Item