EVALUASI KEBUTUHAN ARMADA DAN KESESUAIAN TARIF ANGKUTAN ORANG TIDAK DALAM TRAYEK DENGAN PENGGUNAAN APLIKASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI KOTA MATARAM BERDASARKAN BOK, ATP DAN WTP

PRATAMA, I GEDE PARTA JAYA (2018) EVALUASI KEBUTUHAN ARMADA DAN KESESUAIAN TARIF ANGKUTAN ORANG TIDAK DALAM TRAYEK DENGAN PENGGUNAAN APLIKASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI KOTA MATARAM BERDASARKAN BOK, ATP DAN WTP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
artikel ilmiah A.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Keberadaan angkutan orang tidak dalam trayek dengan penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi atau dikenal dengan istilah taksi online di Kota Mataram mulai diminati oleh masyarakat karena kemudahan akses dan layanan. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mengatur pengoperasian taksi online namun sampai saat ini belum dikaji jumlah armada sesuai kebutuhan masyarakat serta besaran tarif yang sesuai dan dapat diterima oleh masyarakat pengguna di Kota Mataram. Penelitian ini, menganalisis kesesuaian tarif taksi online berdasarkan perhitungan biaya operasional kendaraan. Besar tarif taksi online dibandingkan pula dengan kemampuan (ATP) serta kemauan membayar (WTP) masyarakat pengguna di Kota Mataram. Penelitian ini juga menganalisis kebutuhan armada taksi online untuk Kota Mataram. Berdasarkan analisa ATP dan WTP rata-rata kemampuan membayar (ATP) responden adalah Rp 4.031,- per kilometer dan rata-rata kemauan membayar (WTP) responden adalah Rp 3.636,- perkilometer. Dari hasil perhitungan berdasarkan BOK diperoleh tarif untuk taksi online sebesar Rp 3.624,- per kilometer, tarif ini lebih kecil dari tarif batas bawah yang sudah ditentukan sebesar Rp 3.700,- per kilometer. Kemampuan dan kemauan membayar masyarakat pengguna berdasarkan tarif batas bawah adalah 66% dan 45%, disisi lain diperoleh 67% ATP dan 46% WTP bila didasarkan pada tarif hasil analisis BOK sebesar Rp 3.624,- per kilometer. Kebutuhan armada taksi online berdasarkan model permintaan dan penawaran adalah 86 unit, sementara berdasarkan model dinamis kebutuhan angkutan taksi online adalah 81 unit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Membayar, Kemauan Membayar, Kebutuhan Armada Taksi berbasis aplikasi, Tarif Taksi online, BOK.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:08
Last Modified: 27 Nov 2018 00:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10667

Actions (login required)

View Item View Item