PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR-UNSUR INSTRINSIK CERITA RAKYAT KELAS V SDN 35 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RAMADHANI, ATIKAH (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR-UNSUR INSTRINSIK CERITA RAKYAT KELAS V SDN 35 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ATIKAH RAMADHANI (E1E214011).pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menentukan unsur-unsur instrinsik cerita rakyat kelas V SDN 35 Ampenan Tahun 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan metode non-equaivalent control group desain. Untuk menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga didapatkan sampel sebanyak 41 siswa di SDN 35 Ampenan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Tehnik tes dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh setelah diberikan perlakuan yang dilakukan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengambil gambar dari proses penelitian dan mmengumpulkan data-data yang sudah ada. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data yang terdiri dari: (1) normalitas data, (2) uji homogenitas, (3) uji hipotesis, (4) uji normalitas gain. Hal ini ditunjukkan dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat di gunakan uji t. dari hasil perhitungan, di peroleh thitung=11,69 dan ttabel=1,682 oleh karena itu thitung > ttabel maka, Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menentukan unsur-unsur instrinaik cerita rakyat kelas V SDN 35 Ampenan Tahun 2018/2019. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menentukan unsur-unsur instrinsik maka dilakukan uji normalitas gain dengan <g> = 0,4505 termaksud dalam kategori medium/sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Audio Visual, Menentukan Unsur-Unsur Instrinsik Cerita Rakyat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:08
Last Modified: 27 Nov 2018 00:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10668

Actions (login required)

View Item View Item