PERENCANAAN JARINGAN DRAINASE PERUMAHAN GRAND NATURA DI KELURAHAN MONJOK, KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM Drainage System Design for Grand Natura Residence at Kelurahan Monjok, Kecamatan Selaparang Kota Mataram

SULISTIANA, IRMA (2018) PERENCANAAN JARINGAN DRAINASE PERUMAHAN GRAND NATURA DI KELURAHAN MONJOK, KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM Drainage System Design for Grand Natura Residence at Kelurahan Monjok, Kecamatan Selaparang Kota Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

yang saat ini berubah fungsi menjadi areal perumahan. Perumahan Grand Natura yang luasnya 229.683,5 m2 terdapat 150 unit rumah dengan type 264/240 yang berlokasi di Kelurahan Monjok, Kecamatan Selaparang Kota Mataram ini belum memiliki jaringan drainase. Hal ini mengindikasikan perlunya untuk merencanakan jaringan drainase pada perumahan tersebut. Perencanaan jaringan drainase tersebut bertujuan untuk mengetahui tinggi curah hujan, jaringan dan dimensi saluran drainase serta biaya yang dibutuhkan. Untuk perencanaan drainase dibutuhkan beberapa data-data pendukung, seperti : data hujan harian maksimum dari pos hujan terdekat, peta site plan, peta topografi, dan peta tata guna lahan. Dengan analisis hujan harian maksimum didapat nilai curah hujan rancangan untuk perhitungan intensitas hujan. Bardasarkan peta site plan, peta topografi, dan tata guna lahan didapatkan koefisien pengaliran dan luas daerah tangkapan. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapatkan nilai curah hujan ( ) adalah = 97,051 mm. Direncanakan saluran drainase sebanyak 58 ruas saluran drainase dengan tinggi dan lebar saluran sebesar = 30cm serta tinggi jagaan sebesar = 20cm dan 14 gorong-gorong dengan tinggi = 30cm dan lebar = 50cm serta tinggi jagaan sebesar = 20cm . Biaya yang diperlukan sebesar : Rp 9.627.927.536 (Sembilan Milyar Enam Ratus Dua Puluh Tujuh Juta Sembilan Ratus Dua Puluh Tujuh Ribu Lima Ratus Tiga Puluh Enam Rupiah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perencanaan, Drainase, Hujan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:05
Last Modified: 27 Nov 2018 00:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item