PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK LARUTAN ASAM-BASA SISWA KELAS XI SMAN 2 LABUAPI

HASANATIN, MIR’ATUL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK LARUTAN ASAM-BASA SISWA KELAS XI SMAN 2 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal PDF.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan asam-basa siswa kelas XI SMAN 2 Labuapi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttet nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi sebanyak 51 orang peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yaitu model Giving Question and Getting Answer (GQGA) untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung untuk kelas kontrol. Variabel terikat yaitu hasil belajar kimia. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang dikumpulkan dengan teknik tes. Data diolah dengan uji anakova. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (0,43) < ttabel (4,04) yang berarti Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan asam-basa siswa kelas XI SMAN 2 Labuapi. Meskipun secara statistik tidak ada pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA), akan tetapi berdasarkan beberapa indikator hasil belajar yang cenderung lebih besar nilainya pada kelas eksperimen menunjukkan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) mempunyai kelebihan dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran giving question and getting answer (GQGA), hasil belajar, larutan asam- basa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:02
Last Modified: 27 Nov 2018 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10685

Actions (login required)

View Item View Item