SARI, NIA (2017) PENIN G KATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN ST R A TEGI PEMBE LAJARAN IMPROVE SISWA KELAS V D I SDN 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
NIA SARI.pdf Download (779kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Gunungsari dan pemilihan strategi pembelajaran yang kurang tepat yang mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Penelitian ini ber tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan strategi pembelajaran improve pada proses pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 3 Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017 . Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan . Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian menggunakan strategi pembelajaran improve ini dikatakan berhasil apabila hasil belajar sis wa mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85% ≥ 75 (berdasarkan KKM) . Hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I 63,15% pada materi Cahaya dan Alat Optik dan 89,5% pada siklus II pada materi Tanah yang dalam h al ini siswa telah belajar dengan tuntas dengan KKM ≥ 75. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dan sud
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Strategi Pembelajaran Improve, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 27 Nov 2018 06:02 |
Last Modified: | 27 Nov 2018 06:02 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10695 |
Actions (login required)
View Item |