ANALISIS RANTAI NILAI PEMASARAN CABAI RAWIT DI KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM

Meivita, Ita (2018) ANALISIS RANTAI NILAI PEMASARAN CABAI RAWIT DI KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Sandubaya Kota Mataram, (2) Margin pemasaran di Kecamatan Sandubaya Kota Mataram, (3) Peran pelaku rantai nilai pemasaran cabai rawit di Kota Mataram, (4) Rantai nilai pemasaran cabai rawit di Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Sandubaya Kota Mataram yakni dipilih tiga kelurahan secara purposive sampling yaitu Kelurahan Mandalika, Kelurahan Bertais dan Kelurahan Dasan Cermen atas pertimbangan bahwa kelurahan tersebut melakukan budidaya tanaman cabai rawit di Kecamatan Sandubaya Kota Mataram (Lampiran 1). Unit analisis yang digunakan adalah petani dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam rantai nilai pemasaran. Penentuan jumlah petani responden dilakukan secara sensus karena hanya terdapat 46 orang petani cabai rawit di Kecamatan Sandubaya. Penentuan responden pelaku rantai nilai pemasaran (pedagang) dilakukan secara Snowball Sampling yaitu dengan cara melakukan penelusuran rantai pemasaran cabai rawit. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data digunakan dalam penelitian meliputi data primer dan data skunder.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Saluran pemasaran, margin pemasaran, peran pelaku, dan rantai nilai pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:02
Last Modified: 27 Nov 2018 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10696

Actions (login required)

View Item View Item