PENINGKAT AN KE MAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN M ETODE MIND MAPPING SISWA KELAS III SDN 12 AMPENAN TAHUN PEL AJARAN 2016/2017

R USNIWATI, R USNIWATI (2017) PENINGKAT AN KE MAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN M ETODE MIND MAPPING SISWA KELAS III SDN 12 AMPENAN TAHUN PEL AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
RUSNIWATI.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN 12 Ampenan tahun pelajaran 2016/2017. Faktor utamanya yaitu guru cenderung menerapkan metode ceramah dalam pembelajaran menulis karangan narasi tanpa diser tai dengan media yang menarik dan menyenangkan bagi siswa serta kurangnya kesempatan latihan yang diberikan guru kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi melalui penerapan metode Mind Mapping siswa kel as III SDN 12 Ampenan tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 12 Ampenan dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki - laki dan 20 orang siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan seban yak tiga kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan, hasil aktivitas guru pada siklus I masuk kategori baik, pada siklus II masuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I masuk kategori aktif dan pada siklus II masuk k ategori sangat aktif. Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan tuntas karena telah tercapainya seluruh indi k ator keberhasi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): emampuan Menulis Karangan Narasi, Metode Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:01
Last Modified: 27 Nov 2018 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10702

Actions (login required)

View Item View Item