PERANCANGAN MINIATUR PENGENDALI LAMPU LALU LINTAS BERDASARKAN PANJANG ANTRIAN KENDARAAN BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)

JORDAN K W, FRANS (2018) PERANCANGAN MINIATUR PENGENDALI LAMPU LALU LINTAS BERDASARKAN PANJANG ANTRIAN KENDARAAN BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB-I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB-II.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya, traffic light menggunakan sistem pewaktuan tetap. Kendaraan pada sebuah jalur dapat berjalan jika waktu yang diberikan telah mencapai batas waktu tunggu yang ditentukan. Berdasarkan survey yang dilakukan pada persimpangan Dasan Cermen sistem pengaturan nyala lampu lalu lintas yang diterapkan saat ini masih berupa penetapan durasi nyala lampu merah, kuning, dan hijau. Sehingga pada jam-jam sibuk kendaraan harus menunggu lama pada satu jalur, sementara jalur lain tidak dan bahkan kadang-kadang ada jalur yang tidak ada kendaraan sama sekali. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat mengendalikan durasi nyala lampu lalu lintas sesuai dengan panjang antrian kendaraan yang terjadi. Pada skripsi ini dilakukan Perancangan Miniatur Pengendali Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Panjang Antrian Kendaraan Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) yang bertujuan untuk mengendalikan nyala lampu lalu lintas secara otomatis sesuai dengan panjang antrian kendaraan yang terjadi. Perangkat ini bekerja mengunakan sensor limit switch sebagai perangkat input dan 12 LED sebagai perangkat output. Pengendali utama perangkat ini adalah PLC OMRON CPM2A Sysmac 40 CDR dan menggunakan program laddle diagram atau anak tangga untuk memprogram PLC dan memakai aplikasi CX-Programmer. Ketika perangkat input aktif, maka akan mengaktifkan program yang ada dalam PLC, dan hasil eksekusi program mengaktifkan perangkat output. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panjang rata-rata antrian kendaraan secara ril jalur 1 di jalan Prabu Rangkasari pada jam 17.00 – 18.00 adalah 65 m setara dengan 14 mobil dan pada jalur 2 di jalan TGH Lopan pada jam 08.00 – 09.30 adalah 75 m setara dengan 16 mobil. Sehingga pada miniatur jalan raya dengan menggunakan skala 1:1000 didapatkan hasil peletakkan sensor pada jalur 1 yakni 6,5 cm dan jalur 2 yakni 7,5 cm. Ditunjukkan bahwa perangkat mampu mengendalikan durasi nyala lampu lalu lintas secara normal dan saat sensor aktif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): traffic light, limit switch, programmable logic controller
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:01
Last Modified: 27 Nov 2018 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10704

Actions (login required)

View Item View Item