PENGARUH PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD N 02 BELEKA TAHUN PELAJARAN 201 7 /201 8

SUHARTINI, SUHARTINI (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD N 02 BELEKA TAHUN PELAJARAN 201 7 /201 8. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SUHARTINI.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode the power of two terhadap hasil belajar siswa pada mata IPA kelas IV SD N 02 Beleka Tahun Pelajaran 2017/2018 . Penelitian ini, adalah penelitian lapangan yang menggunakan desain eksperimen one sho t case study . Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yait u penerapan metode the power of two dan variabel terikat, yaitu hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 02 Beleka Tahun Pelajaran 2017/2018 . Populasi penelitian ini, adalah seluruh siswa kelas IV SDN 02 Beleka yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Dari metode dokumentasi diperoleh data siswa kelas IV SDN 02 Beleka, beserta data hasil ulangan sem ester gasal Tahun Pelajaran 2017/2018 . Sedangkan tes diberikan setelah diberi perlakuan ( treatment ) pada mata pelajar an Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal tes. Hasil belajar siswa yang menggunakan metode the power of two memiliki nilai rata - rata 74,88, dengan nilai tertinggi 88 dan nila terendah 58. Hasil uji normalitas data tes hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh X² hitung = 8,782 dan X² t

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar; The Power Of Two
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:00
Last Modified: 27 Nov 2018 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10713

Actions (login required)

View Item View Item