RESPON PERTUMBUHAN DAN SERAPAN N PADI GOGO SITUGINTUNG TERHADAP PEMUPUKAN NPK, Si (SILIKAT), DAN PUPUK HAYATI DI TANAH PSAMMENT KABUPATEN LOMBOK UTARA

Hadi, Hamzan (2018) RESPON PERTUMBUHAN DAN SERAPAN N PADI GOGO SITUGINTUNG TERHADAP PEMUPUKAN NPK, Si (SILIKAT), DAN PUPUK HAYATI DI TANAH PSAMMENT KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh beberapa dosis pupuk NPK, Si (Silikat), dan Pupuk Hayati terhadap pertumbuhan dan serapan N padi gogo Situgintung di tanah Psamment Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Akar-akar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November 2017. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Satu Faktor yang terdiri atas pemupukan Kontrol (Tanpa Pemupukan), menggunakan Pupuk Hayati (+) dan tanpa Pupuk Hayati (-), NPK 300 kg/ha menggunakan Pupuk Hayati (+) dan tanpa Pupuk Hayati (-), 2NPK 600 kg/ha menggunakan Pupuk Hayati (+) dan tanpa Pupuk Hayati (-), NPK+Si (Silikat Agrosil) NPK 300 kg/ha, dan Si 200 kg/ha diperoleh 500 kg/ha menggunakan Pupuk Hayati (+) dan tanpa Pupuk Hayati (-). Masing- masing perlakuan tersebut diulang sebanyak 3 kali sehingga menghasilkan 24 petak percobaan. Adapun pengambilan sampel secara acak (Random sampling), dalam 1 petak terdapat 5 sampel rumpun tanaman menggunakan Pupuk Hayati (+) dan 5 sampel rumpun tanaman tanpa menggunakan Pupuk Hayati (-) sehingga jumlah keseluruhan dalam masing- masing petak sebanyak 10 tanaman sampel kemudian dikali dengan 24 petak percobaan sehingga menghasilkan 240 unit sampel tanaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemupukan NPK mampu meningkatkan tinggi tanaman 47,1%, jumlah anakan 23,9%, jumlah malai 63,7%, berat berangkasan basah 55,16%, berat berangkasan kering 52,3%. Sedangkan Si (Silikat), dan Pupuk Hayati mempunyai pengaruh yang kecil untuk pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo Situgintung di lahan kering. Penambahan pupuk NPK dengan dosis 600 kg/ha dapat menghasilkan serapan N (Nitrogen) sebesar 1,9% dibandingkan dengan dosis pupuk NPK 300 kg/ha dapat menghasilkan N (Nitrogen) sebesar 1,32%. Pengaruh NPK dengan dosis 300 kg/ha dan NPK dengan dosis 600 kg/ha mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo Situgintung secara nyata lebih dari 30%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanaman Padi Gogo Situgintung, Pupuk Hayati IMR, Pupuk Majemuk NPK, Si (silikat) dan Kadar N Tanaman.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:00
Last Modified: 27 Nov 2018 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10718

Actions (login required)

View Item View Item