PERUBAHAN KADAR AIR, PROTEIN KASAR DAN LEMAK KASAR YOGHURT SUSU KERBAU DENGAN PENAMBAHAN UBI JALAR UNGU (Ipomea batatas)) SELAMAPROSES PENYIMPANAN

ALAWIYAH, LENY (2018) PERUBAHAN KADAR AIR, PROTEIN KASAR DAN LEMAK KASAR YOGHURT SUSU KERBAU DENGAN PENAMBAHAN UBI JALAR UNGU (Ipomea batatas)) SELAMAPROSES PENYIMPANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal LENY ALAWIYAH.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan terhadap nilai kadar air, protein kasar, dan lemak kasar pembuatan yoghurt susu kerbau dengan penambahan ubi jalar ungu (Ipomea batatas) dibandingkan dengan kontrol serta lama penyimpanan yoghurt. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September – Agustus 2018 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT), perbanyakan starter kulture dilakukan di Laboraturium Mikrobiologi dan Bioteknologi Fakultas Peternakan, Laboratorium Analisis Fakultas MIPAUniversitas Mataram. Materi yang digunakan adalah 3 liter susu kerbau segar dengan penambahan ubi jalar ungu (Ipomea batatas)225 ml, susu skim 112,5 gram. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial dengan 3 kali ulangan untuk untuk setiap perlakuan dan lama penyimpanan (0, 3, 6 hari) dan aplikasi SPSS.Data hasil analisis menunjukkan penambahan ubi jalar ungu tidak memberikan pengaruh nyata (P>0,05) pada nilai kadar air, sedangkan pada kontrol memberikan pengaruh nyata (P<0,05). Nilai protein kasar pada penambahan ubi jalar ungu dan kontrol tidak memberikan pengaruh nyata (P>0,05). dan pada nilai lemak kasar penambahan ubi jalar ungu dan kontrol tidak memberikan pengaruh nyata (P<0,05).Dari hasil penelitian telah disimpulkan bahwa pada penambahan ubi jalar ungu tidak memberikan hasil yang lebih baik pada perlakuan kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ubijalarungu(Ipomeabatatas), kadarair, protein kasar, lemakkasar, yoghurt
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 05:59
Last Modified: 27 Nov 2018 05:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item