STUDY OF SOIL PHYSICAL PROPERTIES ON THE APPLICATION OF VARIOUS RATES OF LIVESTOCK MANURE ON RAINFED DRYLAND NORTH LOMBOK

Putra, By Mohamad Hadi Purnama (2018) STUDY OF SOIL PHYSICAL PROPERTIES ON THE APPLICATION OF VARIOUS RATES OF LIVESTOCK MANURE ON RAINFED DRYLAND NORTH LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemakaian pupuk anorganik terus menerus menyebabkan terjadinya tumpukan residu yang melebihi daya dukung lingkungan, menurunya permeabilitas tanah, menurunya kandungan bahan organik tanah dan menurunkan populasi mikroba tanah dalam jumlah yang banyak. Pemberian pupuk organik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan tanah di wilayah lahan kering. Sehingga penambahan pupuk kandang ke tanah sebagai input bahan organik diharapkan dapat memperbaiki sifat fisik tanah, meningkatkan ketersediaan hara dalam tanah, meningkatkan kemampuan tanah dalam menahan air dan mampu menunjang pertumbuhan tanaman dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan percobaan di lapangan.Rancangan penelitian yang digunakan adalah petak terbagi yang terdiri dari dua faktor yaitu 3 macam varietas jagung sebagai petak utama dengan 5 Dosis Pupuk Kandang sebagai anak petak dan menghasilkan kombinasi 15. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penambahan pupuk kandang pada lahan percobaan pada takaran 10, 15 dan 20 ton/ha dapat memperbaiki beberapa sifat fisik tanah pasiran, seperti BV tanah, BJ tanah, Porositas tanah, Kadar Air Kapasitas Lapang, Kadar Air Titik Layu Permanen dan Ketersediaan Air, walaupun hasil laboratorium tidak menunjukkan hal yang signifikan. Semakin tinggi pemberian pupuk kandang meningkatkan kadar bahan organik tanah pada lahan kering tadah hujan Lombok utara di Desa Amor-amor Lombok Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pupuk kandang kambing, sifat fisik tanah , lahan kering, Lombok Utara
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 05:58
Last Modified: 27 Nov 2018 05:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10742

Actions (login required)

View Item View Item