PENGARUH DOS I S PUPUK NITROGEN TERHADAP SERAT KASAR DAN PROTEIN KASAR RUMPUT GAJAH MINI (Pen n i s e t um p u r p u r eum Cv . Mo t t ) PADA US IA PEMOTONGAN 6 0 HARI

SURIANI, SURIANI (2018) PENGARUH DOS I S PUPUK NITROGEN TERHADAP SERAT KASAR DAN PROTEIN KASAR RUMPUT GAJAH MINI (Pen n i s e t um p u r p u r eum Cv . Mo t t ) PADA US IA PEMOTONGAN 6 0 HARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL-KU (1)-pdf.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk N (nitrogen) terhadap kandungan protein kasar dan serat kasar rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv. Mott). Penelitian dilaksanakan di Laboratorium terapan (Teacing Farm) Fakultass Peternakan Universitas Mataram Desa Lingsar dan Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Universitas Mataram sejak bulan Mei 2018 sampai sepetembet 2018. Materi yang digunakan adalah rumput Gajah cv. Mott dan pupuk urea (nirogen) dengan dosis yang telah ditentukan sebelumnya. Penelitian dilakukan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 Perlakuan dan masing-masing dengan 3 ulangan. Perlakuan tersebut yaitu N0 (kontrol), N 1(100 kg N/Ha), N2 (200 kg N/Ha), N3 (300 kg N/Ha) dan N4 (400 kg N/Ha). Variabel yang diamati adalah kandungan serat kasar dan protein kasar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis ragam variansi (ANOVA) dan apabila ada perbedaan nyata maka dilakukan Uji jarak berganda Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan respon yang berbeda nyata terhadap kandungan serat kasar (P<0,05) rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv. Mott), hasil tertinggi diperoleh dari perlakuan N0 (36,39 %) dan terendah terdapat pada perlakuan N4 (29,13%). Sedangkan untuk kandungan protein kasar menunjukkan respon yang berbeda nyata(P<0,05) hasil tertinggi diperoleh dari perlakuan N4 (13,84%) dan terendah terdapat pada perlakuan N0 (8,70%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pupuk Nitrogen, Rumput Gajah Mini, Kandungan Serat Kasar dan Protein Kasar
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 05:58
Last Modified: 27 Nov 2018 05:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10747

Actions (login required)

View Item View Item