ANALISIS PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN TANAMAN BUAH-BUAHAN DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Suhardi, Ahmad (2018) ANALISIS PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN TANAMAN BUAH-BUAHAN DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal AHMAD SUHARDI (C1G011005).pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Usaha pembibitan tanaman buah-buahan merupakan salah satu kegiatan pertanian yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap buah di masa yang akan datang. Dalam usaha pembibitan tanaman buah-buahan banyak tersebar diberbagai daerah di Lombok Barat memiliki potensi paling besar dalam mengembangkan usaha bibit tanaman buah-buahan. Usaha hortikultura (pembibitan) di daerah Lombok Barat banyak dikembangkan khususnya di Kecamatan Lingsar karena daerah tersebut sangat cocok untuk kawasan usaha pembibitan tanaman buah-buahan. Tanaman buah-buahan yang cocok dikembangkan serta yang banyak dicari oleh konsumen di daerah ini adalah manggis, rambutan, dan durian. Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui pendapatan yang diperoleh petanibibit buah-buahan di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat; (2) Untuk menganalisis kelayakan usaha pembibitantan tanaman buah-buahan di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat; dan (3) Untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam melakukan usaha pembibitantan tanaman buah- buahan di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian dilakukan di Desa Batu Kumbung dengan mengambil Dusun Orong Dalam sebagai daerah penelitian di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dengan metode deskriptif. Unit analisis petaniusaha pembibitan tanaman buah-buahan di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jumlah responden ditentukan secara Quota sampling, selanjutnya penentuan responden menggunakan teknik proportional random sampling berdasarkan populasi desa yang terpilih.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Pendapatan Usaha Pembibitan Tanaman Buah-buahan Di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 05:57
Last Modified: 27 Nov 2018 05:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10748

Actions (login required)

View Item View Item