ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLIBATAN WANITA PADA USAHATANI BAWANG MERAH DI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

HERYANA, MIRANIPA (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLIBATAN WANITA PADA USAHATANI BAWANG MERAH DI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan yang dilakukan dalam usahatani bawang merah yang melibatkan wanita tani (2) Mengetahui seberapa besar curahan waktu kerja wanita tani pada masing-masing kegiatan dalam usahatani bawang merah (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan wanita pada usahatani bawang merah. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei dengan wawancara 30 wanita tani di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kegiatan yang melibatkan tenaga kerja wanita adalah penanaman, penyiangan, pemupukan, pemanenan dan pasca panen. Curahan waktu kerja wanita tani pada masing- masing kegiatan yaitu pada penanaman sebesar 38,96 HKO/Ha, penyiangan sebesar 57,06 HKO/Ha, pemupukan sebesar 2,92 HKO/Ha, pemanenan sebesar 37,05 HKO/Ha dan pasca panen sebesar 2,47 HKO/Ha dengan total curahan waktu kerja wanita sebesar 138,46 HKO/Ha. Faktor-faktor yang mempengaruhi curahan waktu kerja wanita adalah pendapatan rumah tangga dan luas lahan garapan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): wanita tani, curahan waktu kerja wanita, petani bawang merah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:25
Last Modified: 28 Nov 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10762

Actions (login required)

View Item View Item