PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 MATARAM KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION) DAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ALAMANDA, FIOLA (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 MATARAM KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION) DAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL FIOLA.pdf

Download (732kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Mataram kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment dan Satisfaction) dan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi pola bilangan dan barisan bilangan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental design yaitu posttest-only non equivalent group design. Dalam menentukan sampel digunakan teknik probability sampling dengan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran ARIAS dan siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar siswa pada materi pola bilangan dan barisan bilangan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan keefektifan secara signifikan antara hasil belajar matematika siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interst, Assesment, dan Satisfaction) dan STAD (Student Teams Achievement Division). Sehingga kedua model tersebut sama-sama baik untuk digunakan sebagai alternatif model pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran ARIAS, Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar Matematika, Pola Bilangan dan Barisan Bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:43
Last Modified: 30 Nov 2018 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10810

Actions (login required)

View Item View Item