PERANCANGAN SISTEM KONTROL DUMMY LOAD PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO STANDALONE MENGGUNAKAN ARDUINO UNO Control System Design Dummy Load on The Micro-hidro Power Plants Standalone Using Arduino Uno

Saleh, Edwin (2018) PERANCANGAN SISTEM KONTROL DUMMY LOAD PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO STANDALONE MENGGUNAKAN ARDUINO UNO Control System Design Dummy Load on The Micro-hidro Power Plants Standalone Using Arduino Uno. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan salah satu alternatif penghasil listrik yang murah dan ramah lingkungan. Pada pemanfaatan PLTMH sering terjadi ketidakseimbangan beban dan pembebanan berlebih yang dapat mengakibatkan kerusakan pada belitan generator induksi PLTMH. Oleh karena itu muncul sebuah gagasan untuk mengendalikan ketidakseimbangan beban dengan beban tiruan (dummy load) serta sebuah sitem yang dapat memutuskan beban saat pembebanan berlebih generator induksi. Pengendalian beban tiruan bebrabsis Arduino Uno menggunakan sensor arus ZMCT103C dan sensor tegangan ZMPT101B dengan nilai persentase error sensor arus 1,59 % dan sensor tegangan 2,62 %. Dengan adanya pengontrolan dummy load dapat memperbaiki ketidakseimbangan beban generator induski dilihat dari nilai arus netral rata-rata yang semakin kecil yaitu 0,1925 A menjadi 0,085 A dengan pembebanan maksimal 75Watt dimasing-masing fasa. Sistem kontrol akan memutus beban generator induksi saat beban melebihi 75 Watt sebagai pengaman generator induksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dummy Load, PLTMH, Generator Induksi, Sensor
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:42
Last Modified: 30 Nov 2018 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10818

Actions (login required)

View Item View Item