PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS SISWA KELAS VIII MTs NAHDLATULMUJAHIDIN NW JEMPONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AINI, QURRATUL (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS SISWA KELAS VIII MTs NAHDLATULMUJAHIDIN NW JEMPONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL QURRATUL AINI(E1R014045).pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika pada materi koordinat kartesius siswa kelas VIII MTs Nahdlatul Mujahiddin NW Jempong tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong. Sampel diambil menggunakan teknik sampel acak diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test berupa soal pilihan ganda pada materi koordinat kartesius. Hasil dari post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas ekperimen sebesar 70,91 sedangkan kelas kontrol sebesar 59,09. Metode pembelajaran tutor sebaya memiliki effect size dengan kategori sedang terhadap prestasi belajar matematika pada materi koordinat kartesius. Hal ini berarti ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi koordinat kartesius kelas VIII MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Koordinat Kartesius, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:42
Last Modified: 30 Nov 2018 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item View Item