PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM PADA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HAMDI, SITA RAMADHANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM PADA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI SITA FIX.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain post-test only non- equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam menentukan sampel digunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling, dimana sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa (post-test) pada materi pola bilangan dan barisan bilangan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD). Dari perhitungan effect size dengan rumus Cohen’s sebesar 0.9 (kriteria tinggi), dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pola bilangan dan barisan bilangan kelas VIII SMPN 8 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:41
Last Modified: 30 Nov 2018 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10868

Actions (login required)

View Item View Item