PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG HIDBRIDA PADA PERTANIAN KONSERVASI DENGAN BERBAGAI SISTEM PENGOLAHAN TANAH DI LAHAN KERING KEC. JEROWARU LOMBOK TIMUR

Khaliq, M. Rauqi Abdul (2018) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG HIDBRIDA PADA PERTANIAN KONSERVASI DENGAN BERBAGAI SISTEM PENGOLAHAN TANAH DI LAHAN KERING KEC. JEROWARU LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Jagung (Zea mays L.) merupakan tanaman pangan serealia yang penting sebagai sumber karbohidrat selain padi. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak. Pertanian konservasi merupakan suatu usahatani yang bertujuan meningkatkan produksi dan pendapatan petani. Selain itu pertanian konservasi juga dapat memperbaiki tanah sehingga cocok diterapkan di lahan kering terutama di Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur dan lahan dapat digunakan secara terus – menerus atau menciptakan pertanian yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan jagung di Indonesia. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif yang dilakukan di lapangan, pada bulan Desember 2017 sampai bulan Maret 2018 di Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Perlakuan yang dilakukan terdiri dari 4 perlakuan, masing–masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali (3 blok) sehingga berjumlah 12 petak, setiap petak berukuran 30 x 20 m. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung hibrida Bisi 18 yang tertinggi adalah pada sistem pengolahan tanah lubang permanen (P2) terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, bobot berangkasan basah, bobot tongkol + kelobot, panjang tongkol, diameter tongkol dan bobot biji pipilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jagung Hibrida, Pengolahan Tanah, Pertanian Konservasi, Pertumbuhan, Hasil.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 01 Dec 2018 01:37
Last Modified: 01 Dec 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10903

Actions (login required)

View Item View Item