TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN YANG MENEMPATKAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA UNTUK KEPENTINGAN PERUSAHAAN SENDIRI SEBAGAI PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI LUAR NEGERI

PUTRAWAN, ARIPIN (2018) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN YANG MENEMPATKAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA UNTUK KEPENTINGAN PERUSAHAAN SENDIRI SEBAGAI PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI LUAR NEGERI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ARIPIN PUTRAWAN.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tanggung jawab perusahaan yang menempatkan Pekerja Migran Indonesia untuk kepentingan perusahaan sendiri ditinjau dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 dan akibat hukum perusahaan yang tidak melaksanakan tanggung jawab pelindungan terhadap pekerja yang ditempatkan di luar negeri. Metode yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa tanggung jawab perusahaan yang menempatkan Pekerja Migran Indonesia untuk kepentingan perusahaan sendiri ditinjau dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 wajib bertanggung jawab terhadap pelindungan pekerjanya yang ditempatkan di luar negeri dari proses penempatan sampai kembali lagi ke negara asalnya. Perusahaan yang tidak bertanggung jawab terhadap pelindungan pekerjanya dikenai sanksi administratif berupa peringatan tertulis, penghentian sementara sebagian atau seluruh kegiatan usaha, atau pencabutan izin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung jawab, akibat hukum, perusahaan penempat Pekerja Migran Indonesia untuk kepentingan sendiri.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 01 Dec 2018 01:36
Last Modified: 01 Dec 2018 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10921

Actions (login required)

View Item View Item