Motivasi Masyarakat Pedesaan dalam Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Kasus Desa Kareke Kacamatan Dompu Kabupaten Dompu)

ERNISA, ERNISA (2018) Motivasi Masyarakat Pedesaan dalam Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Kasus Desa Kareke Kacamatan Dompu Kabupaten Dompu). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Motivasi Masyarakat Pedesaan dalam melanjutkan Pendidikan ke Perguruan tinggi (Kasus Desa Kareke Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu). Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu (1). Untuk mengetahui motivasi masyarakat dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ? (2). Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi masyarakat dalam menempuh pendidikan ke jenjang perguruan tinggi ? (3). Untuk mengetahui upaya-upaya masyarakat dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik triagulasi dari in-depth interview dan observasi, serta analisis data menggunakan analisis domain dan taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1).Motivasi masyarakat desa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yaitu motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal berupa keinginan berprestasi dan menambah ilmu, menjadi manusia lebih baik dan mengejar cita-cita,sedangkan motivasieksternal yaitu untuk mendapatkan pekerjaan, membanggakan orangtua dan memperbaiki kehidupan. (2).Hambatan yang dihadapi masyarakat dalam menempuh pendidikan kejenjang perguruan tinggi yaitu berupa hambatan ekonomi dan keluarga. Dalam hambatan ekonomi masyarakat mendapat hambatan berupa tidak ada nya fasilitas yang dapat mereka gunakan seperti kendaraan pribadi dan adanya kebutuhan mendadak.Sedangkan hambatan keluarga yaitu ada nya permasalahan keluarga yang mengganggu perkulihan, kebutuhan yang tidak tepat waktu dan ada nya penambahan kebutuhan. (3) Upaya-upaya masyarakat dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yaitu melalui orangtua dan keluarga atau teman mereka. Upaya yang biasa nya mereka dapatkan pada orang tua yaitu ketika kebutuhan mereka sehari-hari berkurang dan biaya perkulihan yang harus segera terpenuhi,sedangkan pada keluarga atau teman mereka menggandalkan ketika bantuan atau upaya dari keluarga tidak dapat mereka andalkan, jenis upaya yang mereka dapatkan berupa tempat tinggal, pinjaman uang maupun bantuan berupa kendaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motivasi, Pendidikan, Masyarakat desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 01 Dec 2018 02:25
Last Modified: 01 Dec 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10928

Actions (login required)

View Item View Item