PENGARUH PENYISIPAN BEBERAPA BARIS KACANG TANAH ANTAR BARISAN JAGUNG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) HIBRIDA VARIETAS BISI-816

Awaluddin, Awaluddin (2018) PENGARUH PENYISIPAN BEBERAPA BARIS KACANG TANAH ANTAR BARISAN JAGUNG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) HIBRIDA VARIETAS BISI-816. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL AWALUDDIN (C1M212033).pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyisipan beberapa baris kacang tanah antar barisan jagung terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung hibrida varietas Bisi-816. Percobaan dilakukan di Desa Nyurlembang, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, dari bulan Mei sampai September 2017, yang dircancang dengan Rancangan Acak Kelompok dengan tiga blok dan dua faktor perlakuan yang ditata secara faktorial, yaitu jumlah baris penyisipan kacang tanah (T) dengan empat aras perlakuan (T0: jagung tanpa disisipi kacang tanah, T1: jagung disisipi satu baris kacang tanah, T2: jagung disisipi dua baris kacang tanah, T3: jagung disisipi tiga baris kacang tanah), dan jarak tanam jagung (J) dengan tiga aras (J1: 60 × 20 cm; J2: 75 × 20 cm; J3: 90 × 20 cm). Data dianalisis dengan ANOVA dan uji Beda Nyata Jujur pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyisipan tanaman kacang tanah tidak berpengaruh nyata terhadap hasil biji jagung per tanama atau per m2 , dan semua variabel pengamatan lainnya, yang berarti bahwa penyisipan kacang tanah antar barisan tanaman jagung lebih menguntungkan daripada pertanaman jagung secara monokrop. Faktor jarak tanam hanya berpengaruh terhadap laju pertambahan tinggi tanaman dan berat 100 biji, tetapi setelah dikonversi ke per satuan luas, jarak tanam juga berpengaruh terhadap hasil biji kering pipil per m2 , di mana hasil biji kering pipil tertinggi pada jarak tanam tersempit (60 x 20 cm). Namun tidak ada interaksi antara kedua faktor perlakuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penyisipan kacang tanah, Jarak tanam, Jagung, Tumangsari
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 01 Dec 2018 02:25
Last Modified: 01 Dec 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10932

Actions (login required)

View Item View Item