ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI FUNGSI KELAS X SEMESTER GENAP DI SMAN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2017/2018

Anggraini, Astiadika (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI FUNGSI KELAS X SEMESTER GENAP DI SMAN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (926kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan yang dilakukan peseerta didik kelas X Matematika Sains SMAN 1 Narmada tahun ajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan materi fungsi berdasarkan objek kajian abstrak matematika dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal fungsi. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitataif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Narmada tahun ajaran 2017/2018 dimana sampel yang digunakan sebanyak 27 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa peserta didik melakukan kesalahan pada semua jenis kesalahan berdasarkan objek kajian abstrak matematika yang meliputi kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip. Tingkat kesalahan secara keseluruhan yang dilakukan peserta didik yaitu seluruhnya berkategori tinggi dengan masing-masing persentase kesalahan fakta sebesar 67,9%, kesalahan konsep sebesar 63,3%, kesalahan operasi sebesar 62,4% dan kesalahan 66,4%. Kesalahan prinsip merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan peserta didik. Penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal fungsi adalah kurang teliti dalam menyelesaikan soal, tidak bisa menganalisis soal, tidak menguasai materi prasyarat, tidak percaya diri dan tidak mau berusaha sendiri, peserta didik hanya memahami konsep bukan menguasai konsep dan waktu yang diberikan kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kesalahan, Objek Matematika, Hasil Jawaban Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 01 Dec 2018 02:24
Last Modified: 01 Dec 2018 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10935

Actions (login required)

View Item View Item