PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING JENIS LABA-LABA (SPIDER CONCEPT MAP) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 3 LABUAPI

REZA, RIYA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING JENIS LABA-LABA (SPIDER CONCEPT MAP) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 3 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal riya reza.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Mind Mapping jenis laba-laba (spider concept map) terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Labuapi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan nonequivalen control group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk pilihan ganda sebanyak 20 item untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Data hasil pemahaman konsep siswa diambil menggunakan test pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (2,321) > (2,000) pada taraf signifikan 5%, artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran mind mapping jenis laba-laba (spider concept map) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Labuapi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mind Mapping jenis laba-laba (spider concept map), pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:54
Last Modified: 04 Dec 2018 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10945

Actions (login required)

View Item View Item