PERANCANGAN ENERGI METER TIGA FASA UNTUK TRANSAKSI ENERGI BERBASIS ARDUINO MEGA2560 [THREE PHASE ENERGY METER DESIGN FOR ENERGY TRANSACTIONS BASED ON ARDUINO MEGA 2560]

Dharmawan, I Nyoman Mega (2018) PERANCANGAN ENERGI METER TIGA FASA UNTUK TRANSAKSI ENERGI BERBASIS ARDUINO MEGA2560 [THREE PHASE ENERGY METER DESIGN FOR ENERGY TRANSACTIONS BASED ON ARDUINO MEGA 2560]. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan energi listrik sangatlah besar dikarenakan perkembangan teknologi berbanding terbalik dengan ketersediaan energi listrik dari PLN dan perlunya penghematan listrik agar biaya pemakaian listrik tidak melonjak tinggi. Dengan demikian, tumbuhlah pemikiran untuk melakukan penambahan suplai energi untuk membantu kerja dari PLN dengan proses sinkronisasi dan diperlukannya pengukuran penggunaan energi akibat penambahan suplai untuk mengetahui transaksi energi. Perancangan energi meter tiga fasa untuk transaksi energi berbasis Arduino Mega 2560 terdiri dari ZMPT101B, ACS712, IC LM2917 untuk pengukuran tegangan, arus, dan frekuensi. Sedangkan nilai daya, power faktor, dan biaya didapat dari kombinasi sensor arus dan tegangan. Energi meter dapat memonitoring besaran listrik tiga fasa dengan beban seimbang. Hasil penelitian yang dapat ditampilkan pada LCD. Perancangan energi meter menunjukkan pengukuran dengan error dari suplai PLN dan sinkron diklasifikasikan kelas 1.5 dan 5 menurut Standar IEC No.13B-23, serta transaksi energi dengan arah aliran energi generator memberi ke beban PLN sehingga dapat melakukan penghematan penggunaan energi listrik pada PLN.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Energi Meter, Sensor Tegangan, Sensor Arus, Arduino Mega 2560, Transaksi Energi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:53
Last Modified: 04 Dec 2018 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10957

Actions (login required)

View Item View Item