Pendampingan Guru- Guru SMP Negeri Kecamatan Montong Gading Lombok Timur dalam Menerapkan Statistika untuk Menganalisis Data Evaluasi Hasil Belajar Siswa yang Valid dan Signifikan

Sridana, Nyoman Pendampingan Guru- Guru SMP Negeri Kecamatan Montong Gading Lombok Timur dalam Menerapkan Statistika untuk Menganalisis Data Evaluasi Hasil Belajar Siswa yang Valid dan Signifikan. -, - (-). ISSN - (Unpublished)

[img] Text
RINGKASAN PMP_ BOPTN 2018.docx

Download (30kB)
Official URL: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/MANDALIKA

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk memberikan gambaran hasil pengabdian kepada masyarakat (PPM) yang bertemakan “Pendampingan Guru- Guru SMP Negeri Kecamatan Montong Gading Lombok Timur dalam Menerapkan Statistika untuk Menganalisis Data Evaluasi Hasil Belajar Siswa yang Valid dan Signifikan”. Menurut Undang undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pengembangan profesi guru salah satunya melalui penyegaran keilumuannya baik bidang materi ajarnya maupun bidang paedagogiknya. Sedangkan dari data empiris yang diperoleh dari hasil survey di lapangan, bahwa (1) standar kompetensi pengetahuan statistika dan evaluasi para guru masih rendah, (2) terjadi kesenjangan antara memutakhirkan kompetensi yang para guru miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya, dan (3) kegiatan berupa penyegaran di bidang kajian statistika untuk evaluasi hasil belajar siswa bagi para guru jarang dilakukan. Kegiatan PPM oleh para dosen Fakultas Keguruaan Ilmu Pendidikan(FKIP) Universitas Mataram kepada Guru-guru SMP Negeri Kecamatan Montong Gading Lombok Timur dilakasanakan melalui dua tahap. Tahap Pertama, dilaksanakan tanggal 4 Juli 2018 di Aula gedung SMP Negeri 1 Kecamatan Montong Gading Lombok Timur dengan kegiatan sosialisasi organisir dan integrasi konsep statistika kepada para guru ( 26 guru bidang studi berbagai mata pelajaran) dan FGD( focus group discussion ) yang menghasilkan teridentifikasinya pengetahuan statistika para guru yang belum memadai. Tahap Kedua, dilaksanakan tanggal 5 Juli sampai dengan 7 Juli 2018 secara Online berupa pendampingan pembuatan instrumen penilaian dengan fasilitas program AnBuso( Analisis Butir Soal) sehingga menghasilkan perangkat evaluasi hasil belajar yang valid dan signifikan.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): pendampingan, organisir dan integrasi, konsep statistika, valid dan signifikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Nyoman Nyoman Sridana
Date Deposited: 04 Dec 2018 02:38
Last Modified: 04 Dec 2018 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10993

Actions (login required)

View Item View Item