SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI SATUAN PENDIDIKAN MENENGAH (SMA)

Sridana, Sridana SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI SATUAN PENDIDIKAN MENENGAH (SMA). MANDALIKA Jurnal Matematika Pendidikan dan Aplikasi, - (-). ISSN - (Submitted)

[img] Text
Artikel PPM_PNBP MAP2018.docx

Download (1MB)
Official URL: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/MANDALIKA

Abstract

Tingkat pengetahuan warga sekolah terkait dengan Sisitem Penjaminan Mutu Internal(SPMI) masih pada tingkat rendah yang masih perlu dikembangkan sebelum membentuk sistem penjaminan mutu internal satuan pendidikan. Selain itu pemahaman pendidik terkait standar pendidikan nasional yang sangat berhubungan dengan tugasnya masih pada tingkat cukup sehingga masih perlu peningkatan pemahaman agar bisa melaksananakan proses dan evaluasi sesuai dengan standar. Perlu pengembangan bagi tenaga pendidik dan kependidikan dalam hal pengetahuan dan keterampilan dalam implementasi penjaminan mutu internal melalui tim khusus dari eksternal satuan pendidikan sampai sekolah tersebut siap untuk bisa melaksanakan sistem penjaminan mutu internal. Untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan, satuan pendidikan perlu membentuk SPMI sesuai dengan stándar dan aturan yang berlaku Estándar Nasional Pendidikan(SNP) walaupun dilihat dari nilai akreditasi mencapai stándar tertinggi. Dengan demikian diperlukan kajian terkait dengan sistem penjaminan mutu internal di sekolah-sekolah tersebut agar secara bertahap bisa memenuhi SNP atau bahkan melebihinya.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Sistem Penjaminan Mutu internal(SPMI), Standar Nasional Pendidikan(SNP), Satuan Pendidikan Menengah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Nyoman Nyoman Sridana
Date Deposited: 04 Dec 2018 02:38
Last Modified: 04 Dec 2018 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10995

Actions (login required)

View Item View Item