PENGARUH PEMBERIAN FERMENTASI DEDAK DAN BUNGKIL KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN POPULASI Daphnia magna THE EFFECT OF GIVING BRAN AND COPRA MEAL FERMENTATION ON POPULATION GROWTH OF Daphnia magna

Ilman, Fardha (2018) PENGARUH PEMBERIAN FERMENTASI DEDAK DAN BUNGKIL KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN POPULASI Daphnia magna THE EFFECT OF GIVING BRAN AND COPRA MEAL FERMENTATION ON POPULATION GROWTH OF Daphnia magna. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan formulasi pakan dedak dan bungkil kelapa yang menghasilkan pertumbuhan Daphnia magna paling tinggi. Penelitian yang digunakan termasuk penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali sehingga memperoleh 15 unit percobaan. Setiap wadah diisi 2 liter air dengan kepadatan Daphnia magna yaitu 20 ind/l. Perlakuan A: pemberian 100% dedak, perlakuan B: pemberian 75% dedak dan 25%, bungkil kelapa, perlakuan C: pemberian 50% dedak dan 50% bungkil kelapa, perlakuan D: pemberian 25% dedak dan 75% bungkil kelapa dan perlakuan E: pemberian 100% bungkil kelapa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pertumbuhan spesifik dan puncak populasi memberikan pengaruh yang berbeda nyata tapi tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap produksi biomassa dan fase kematian. Pemberian 50% dedak dan 50% bungkil kelapa merupakan perlakuan terbaik dibandingkan dengan perlakuan yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): daphnia magna, dedak, bungkil kelapa, pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 04 Dec 2018 02:38
Last Modified: 04 Dec 2018 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10997

Actions (login required)

View Item View Item