STUDI KELAYAKAN FINANSIAL INDSUTRI PAKAN TERNAK BERBASIS JERAMI TANAMAN PANGAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT

MUKHLISIN, ANWARUL (2018) STUDI KELAYAKAN FINANSIAL INDSUTRI PAKAN TERNAK BERBASIS JERAMI TANAMAN PANGAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal ANWARUL MUKHLISIN.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi limbah tanaman pangan sebagai pakan ternak di Kabupaten Lombok Timur serta kelayakannya secara finansial yang berskala industri. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah studi kelayakan jerami tanaman pangan di Kabupaten Lombok Timur. Potensi bahan baku pakan ternak berbasis jerami tanaman pangan sebesar 231.726,5 ton/BK/tahun. Jumlah tersebut dapat mencukupi kebutuhan ternak sebanyak 203.269 ST dengan estimasi konsumsi bahan kering cerna per satuan ternak sebanyak 1,14 ton/tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan pabrik pakan ternak berbasis jerami tanaman pangan berskala industri di Kabupaten Lombok Timur ini layak, baik dari potensi produksi limbah, perkiraan permintaan pakan ternak, maupun dari analisis finansialnya terlihat Net Present Value positif (NPV = Rp. 401.208.336,00), Internal Rate of Return diatas harga bunga (IRR = 27,27% per tahun), dan Net B/C diatas satu (Net BC ratio = 1,47).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): limbah tanaman pangan, pakan ternak, industri, kelayakan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:21
Last Modified: 04 Dec 2018 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11006

Actions (login required)

View Item View Item