PENGARUH PEMBERIAN SARI KURMA PER ORAL DAN LAMA EQUILIBRASI SEMEN KAMBING KACANG KEMASAN AMPUL TERHADAP INTEGRITAS PLASMA MEMBRAN DAN MORFOLOGI SPERMATOZOA POST THAWING

KUSMIATI, KUSMIATI (2018) PENGARUH PEMBERIAN SARI KURMA PER ORAL DAN LAMA EQUILIBRASI SEMEN KAMBING KACANG KEMASAN AMPUL TERHADAP INTEGRITAS PLASMA MEMBRAN DAN MORFOLOGI SPERMATOZOA POST THAWING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh pemberian sari kurma per oral dan lama equilibrasi terhadap integritas plasma membran dan morfologi spermatozoa post thawing. Penelitian ini telah diilaksanakan di Laboratoriumm Reproduksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 5 kali ulangan. Materi yang digunakan adalah semen segar yang ditampung dari 5 ekor kambing kambing kacang umur 2 tahun, sebelum dan sesudah diberikan suppplemetasi sari kurma per oral.Selanjutnya semen tersebut diencerkan menggunakan pengencer tris kuning telur. Semen cair tersebut dibagi menjadi 3 perlakuan lama equilibrasi yaitu 2 jam, 3 jam dan 4 jam kemudian dibekukan. Variabel yang diamati adalah integritas plasma membran dan morfologi spermatozoa post thawing. Hasil penelitian menunjukan, bahwa semen yang berasal dari kambing yang diberikan sari kurma dan equilibrasi 4 menit menunjukkan persentase integritas plasma membran maupun morfologi spermatozoa secara signifikan lebih baik (P≤0.05) lebih baik dibanding semen kambing kacang yang tidak diberikan sarikurma.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sari Kurma, Equilibrasi, Semen, Kambing Kacang, IPM, Morfologi, Thawing.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 04 Dec 2018 06:10
Last Modified: 04 Dec 2018 06:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11028

Actions (login required)

View Item View Item