FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI KACANG TANAH DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KECAMATAN RASANAE TIMUR

Sintya, Esa Putri (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI KACANG TANAH DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KECAMATAN RASANAE TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani kacang tanah di Kecamatan Rasanae Timur. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja dalam usahatani kacang tanah di Kecamatan Rasanae Timur. (3) Hambatan yang dihadapi dalam usahatani kacangtanah di Kecamatan Rasanae Timur. Metode dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan penentuan daerah sampel dilakukan secara purposive sampling dimana dari 7 kelurahan dipilih 3 kelurahan karena atas dasar pertimbangan memiliki luas panen terbanyak dan dan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei dengan wawancara 60 petani dengan penentuan responden secara quota sampling sebanyak 60 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) Faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani kacang tanah di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima adalah harga jual,upah tenaga kerja, benih, pupuk, pestisida, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada usahatani kacang tanah di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima adalah upah tenaga kerja, dan luas lahan. (3) hambatan yang paling banyak dialami oleh petani kacang tanah adalah keadaan alam atau cuaca sebesar 100%, transportasi untuk pengangkutan petani dalam melakukan proses penjual hasil produksi sebesar 47%, modal sebesar 25%, serangan hama dan penyakit 62%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendapatan usahatani, penyerapan tenaga kerja
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:09
Last Modified: 05 Dec 2018 01:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item