PERBANDINGAN PEMBEBANAN GEMPA STATIK EKIVALEN DAN DINAMIK RIWAYAT WAKTU (TIME HISTORY) DENGAN VARIASI JUMLAH TINGKAT PADA GEDUNG DI LOMBOK Comparison of Earthquake Loading Between Equivalent Static Method and Dynamic Time History Method in Some Various Levels of Building in Lombok

AFIDZ, ABDUL (2018) PERBANDINGAN PEMBEBANAN GEMPA STATIK EKIVALEN DAN DINAMIK RIWAYAT WAKTU (TIME HISTORY) DENGAN VARIASI JUMLAH TINGKAT PADA GEDUNG DI LOMBOK Comparison of Earthquake Loading Between Equivalent Static Method and Dynamic Time History Method in Some Various Levels of Building in Lombok. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (946kB) | Preview

Abstract

Analisis beban gempa dapat dilakukan dengan analisis statik dan analisis dinamik. Analisa dinamik riwayat waktu dianggap sebagai analisa paling akurat dalam menentukan pembebanan pada gedung akibat gempa, namun membutuhkan waktu yang banyak. Untuk kebutuhan praktis digunakan analisa statk ekivalen yang merupakan penyederhanaan dari analisa dinamik. Analisa statik ekiveln hanya untuk bangunan regular dengan ketinggian tidak lebih dari 40 meter atau 10 lantai. Untuk struktur bangunan dengan ketinggian diatas 10 lantai dianjurkan menggunakan analisa dinamik. Sehigga perlu dilakukan studi perbandingan pembebanan gempa antara statik ekivalen dan dinamik riwayat waktu pada beberapa variasi ketinggian gedung. Struktur yang ditinjau dalam tulisan ini adalah 5 buah model bangunan dengan perbedaan ketinggian dan jumlah lantai. Kelima struktur tersebut akan dianalisis nilai pembebanannya dengan analisis statik ekivalen dan dinamik riwayat waktu, mulai dari low-rise building (4 lantai), medium-rise building (7 lantai dan 10 lantai) dan high-rise building (13 lantai dan 16 lantai). Data riwayat waktu gempa yang digunakan adalah 3 data catatan gempa besar yang diperoleh dari situs PEER Berkeley yaitu data Akselerogram gempa Imperial Valley, Akselerogram gempa Loma Prieta, dan Akselerogram gempa Kobe yang kemudian akan diskalakan dengan spektrum respon wilayah kota Mataram untuk jenis tanah sedang pada bangunan perhotelan sesuai dengan standar SNI 1726-2012. Analisa dinamik digunakan dengan bantuan program Matlab.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Statik ekivalen, dinamik riwayat waktu, PEER Berkeley, akselerogram gempa, gaya geser dasar.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:43
Last Modified: 05 Dec 2018 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11091

Actions (login required)

View Item View Item