RANCANG BANGUN BUCK-BOOST CONVERTER SEBAGAI REGULATOR TEGANGAN KELUARAN PADA PANEL SURYA Design of Buck-Boost Converter for Controlling Output Voltage of Solar Panel

Karni, Waesal (2018) RANCANG BANGUN BUCK-BOOST CONVERTER SEBAGAI REGULATOR TEGANGAN KELUARAN PADA PANEL SURYA Design of Buck-Boost Converter for Controlling Output Voltage of Solar Panel. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
18 JURNAL.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komponen dan rangkaian elektronika mampu menghasilkan sistem penyedia daya tegangan searah DC (Direct Current), yang dihasilkan melalui konversi tegangan masukan ke bentuk tegangan keluaran yang diinginkan (DC to DC converter). Pada perkembangannya, penerapan DC to DC converter banyak diaplikasikan pada sumber energi baru dan terbarukan (renewable energy) seperti pada panel surya. Ada tiga tipe DC to DC converter yaitu, boost converter (step up), buck converter (step down), dan buck-boost converter (step up dan step down). Pada penelitian ini akan digunakan DC to DC converter tipe buck-boost converter. Pada penelitian ini akan dilakukan rancang buck-boost converter sebagai regulator tegangan keluaran pada panel surya. Tujuan perancangan buck-boost converter sebagai regulator tegangan pada panel surya adalah untuk mengatur tegangan panel surya dikarenakan tegangan yang dihasilkan panel surya bersifat fluktuatif (berubah – ubah). Untuk menaikkan dan merurunkan tegangan sumber, dapat dilakukan dengan mengatur lebar pulsa (duty cycle) pada PWM. Hasil pengujian buck-boost converter dengan panel surya sebagai sumber tegangan (Vin = ±19V), pemberian duty cycle ≤50% buck-boost converter bekerja dalam mode buck, nilai tegangan keluaran yang didapatkan dengan duty cycle 10%-50% adalah 1,59V – 15,2V. Sedangkan pemberian duty cycle >50% buck-boost converter bekerja dalam mode boost, nilai tegangan keluaran yang didapatkan dengan duty cycle 60%-80% adalah 21,93V - 25V. Untuk efisiensi buck-boost converter dengan duty cycle yang kecil efisiensi yang didapatkan juga kecil, saat duty cycle ≤40% efisiensi buck-boost converter di bawah 50%, efisiensi terendah pada saat duty cycle 10% dengan efisiensi 6,87%. Sedangkan dengan duty cycle >40%, efisiensi buck-boost converter di atas 50%, efisiensi tertingg yang mampu dicapai adalah 97,64%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Regulator Tegangan, Panel Surya, Buck-Boost Converter.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:45
Last Modified: 05 Dec 2018 02:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item