SOSIALISASI PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA DI SDN 13 AMPENAN

Sri, Subarinah and sripatmi, sripatmi and sudi, prayitno and eka, kurniawan SOSIALISASI PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA DI SDN 13 AMPENAN. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat FKIP UNRAM.

[img] Text
RINGKASAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang berkaitan dengan ide atau konsep abstrak yang tersusun secara hirarkis dan penalarannya deduktif. Geometri merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang sering ditemukan dalam ke¬hidupan nyata, namun banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar geometri. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap calon guru SD (Zilkova et al, 2012) menunjukan penyebab mereka tidak menguasai materi geometri datar antara lain karena mereka tidak mengenal bentuk-ben¬tuk bangun datar dan tidak mengetahui sifat-sifat bangun datar dengan benar. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemanfaatan alat peraga matematika dalam pembelajaran geometri yang konsep-konsepnya dapat disajikan secara kongkrit. Pembelajaranmatematikauntukmaterigeometri di SDN 13 Ampenansebagianbesartidakmenggunakanalatperaga. Hal inidikarenakanalatperaga yang tersedia di sekolahbanyak yang sudahrusak, jumlahnyatidakmemadai, dantidakdisertaicarapenggunaannya. Olehkarenanyaperludilakukanpelatihancarapembuatandanpenggunaanalatperagamatematikauntuk guru-guru di SDN 13 Ampenan. PelatihaninimerupakanimplementasihasilpenelitianSubarinahdanPrayitno (2011) yang memfokuskanpadapembelajaranaktif, kreatif, efektifdanmenyenangkan (PAKEM) yang terciptamelaluiKopermatik (alatperagamatematika).Pembelajaranmatematikamenggunakanalatperagamemudahkanuntukmenanamkankonsep-konsepgeometridanmenurutPitadjeng (2015) membuatpembelajaranmatematikalebihmenyenangkan. Tujuan yang ingindicapaimelaluikegiatansosialisasipembuatandanpengguanaanalatperagamatematika di SDN 13 Ampenanadalahmeningkatkan pemahaman mengenai macam-macam alat peraga matematika, meningkatkan keterampilan dalam membuat alat peraga matematika sesuai dengan kurikulum, dan meningkatkan keterampilan dalam menggunakan alat peraga matematika pada pembelajaran matematika di kelas sesuai dengan kurikulum bagi guru-guru SDN 13 Ampenan. Metode yang digunakandalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan denganurutan tahapan penyajian materi, pembuatan AMP, danpenggunaan AMP.Penyajian materi dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi, dan diskusi. Materi tentang pengetahuan umum alat peraga matematika dan ilustrasi pembuatannya disampaikan dengan ceramah. Materi yang disampaikan telah disediakan handout yang dibagikan untuk seluruh peserta. Materi tentang contoh pembuatan dan penggunaan APM disampaikan dengan demonstrasi.Pembuatan APM merupakan kegiatan praktik yang dilakukan oleh seluruh peserta pelatihan yang dibagi dalam 5 kelompok. Kelima kelompok mengerjakan tugas membuat APM yang berbeda, yaitu penemuan rumus luas daerah (1) segitiga, (2) jajargenjang, (3) layang-layang, (4) belah ketupat, dan (5) trapesium.Dan penggunaan APM dalam pengabdian ini dikembangkan dalam bentuk presentasi peragaan penggunaan APM disertai simulasi dalam pembelajaran teman sebaya. Kegiatanpengabdianpadamasyarakatinitelahefektifuntukmeningkatkanpengetahuandanketerampilan guru SDN 13 Ampenandalammembuatdanmenggunakan APM. Hal iniditunjukkandengankehadiranseluruhpesertasesuai yang direncanakansebanyak 20 orang guru danaktivitaspesertadalamdiskusi, pembuatan, danpresentasipenggunaanalatperagaberlangsungsangatkomunikatif. APM yang dihasilkandalamkegiatanpengabdianinidalambentuk puzzle bangundatarmenggunakanprinsipkekekalanluas. APM inimudahdibuatdandigunakan, sehinggamempunyainilaikepraktisan yang tinggiuntukdiimplementasikandalampembelajaranmatematika di sekolahdasar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs sri subarinah
Date Deposited: 05 Dec 2018 04:27
Last Modified: 05 Dec 2018 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item