PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN TIPE TSTS (Two Stay Two Stray) DENGAN TIPE TGT (Teams Games Tournament) DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM GERAK PADA MANUSIA PADA KELAS VIII DI SMPN 1 PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2016

Finiati, Yulistiana (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN TIPE TSTS (Two Stay Two Stray) DENGAN TIPE TGT (Teams Games Tournament) DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM GERAK PADA MANUSIA PADA KELAS VIII DI SMPN 1 PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (180kB)

Abstract

Abstrak : Pembelajaran di SMP Negeri 1 Pemenang pada saat ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan guru-guru lebih banyak menggunakan metode konvensional antara lain metode diskusi dan ceramah. Dampak dari penggunaan metode ini proses pembelajaran kurang efektif dan tidak dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga hasil yang dicapai oleh siswa rata-rata rendah. Peningkatan hasil belajar yang demikian ini perlu dilakukan perubahan terhadap metode yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dan TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model kooperatif tipe TSTS dengan tipe TGT dalam pembelajaran tentang sistem gerak pada manusia pada kelas VIII di SMPN 1 Pemenang Kabupaten Lombok Utara tahun 2016. Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test and post-test group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pemenang tahun 2016 sebanyak tiga kelas yang berjumlah 67 siswa. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik simple random sampling dan diperoleh 2 kelas sampel yaitu VIII-1 dengan 23 siswa dan VIII-2 dengan 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan lembar penilaian afektif dan psikomotor. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji-t. Hasil uji didapatkan bahwa < maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga, hasil belajar siswa dalam pembelajaran tentang sistem gerak pada manusia yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe TSTS tidak berbeda dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe TGT pada kelas VIII di SMPN 1 Pemenang Kabupaten Lombok Utara tahun 2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TSTS, TGT, Hasil Belajar, Proses Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 05 Dec 2018 05:02
Last Modified: 05 Dec 2018 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11118

Actions (login required)

View Item View Item