PELATIHAN PENGISIAN INSTRUMEN AKREDITASI UNTUK PENINGKATAN MUTU EVALUASI DIRI SEKOLAH/MADRASAH PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH ALIYAH WILAYAH IV LOMBOK BARAT

Ramadani, Agus and Witono, A. Hari and SUKARDI, SUKARDI PELATIHAN PENGISIAN INSTRUMEN AKREDITASI UNTUK PENINGKATAN MUTU EVALUASI DIRI SEKOLAH/MADRASAH PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH ALIYAH WILAYAH IV LOMBOK BARAT. -. (Unpublished)

[img] Text
03 AbstrakP.docx

Download (21kB)

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk, 1) meningkatkan pemahaman guru dan kepala sekolah tentang konsep evaluasi diri dalam rangka penjaminan mutu internal sekolah/madarasah, 2) meningkatkan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam mengisi instrumen akreditasi sebagai bagian dari pelaksanaan evaluasi diri sekolah/madrasah, dan 3) meningkatkan kesadaran guru dan kepala sekolah tentang pentingnya penjaminan mutu internal melalui evaluasi diri sekolah/madrasah yang dilakukan secara berkesinambungan. Manfaat yang dapat diperoleh melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain adalah, 1) dapat memperkuat sistem penjaminan mutu internal sekolah/madrasah 2) dapat meningkatkan layanan mutu pendidikan, dan 3) dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu 1) sosialisasi dan focus group discussion tentang materi evaluasi diri sekolah/madrasah sebagai bagian dari pelaksanaan penjaminan mutu internal S/M, 2) pendampingan dalam pengisian instrumen akreditasi, 3) presentasi dan diskusi hasil yang akan diperoleh melalui kegiatan ini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini antara lain adalah, 1) ceramah-tanya jawab, 2) diskusi kelompok, 3) latihan penyusunan instrumen akreditasi, 4) presentasi hasil kegiatan, dan 4) refleksi. Hasil yang diperoleh melalui kegiatan ini sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan, yaitu 1) meningkatnya pemahaman guru dan kepala sekolah tentang konsep evaluasi diri dalam rangka penjaminan mutu internal sekolah/madarasah, 2) adanya tambahan pengetahuan dan wawasan bagi guru dan kepala sekolah peserta pelatihan dalam mengisi instrumen akreditasi dan 3) meningkatnya kesadaran guru dan kepala sekolah/madrasah tentang pentingnya memberikan layanan pendidikan yang bermutu kepada masyarakat

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Instrumen Akreditasi, Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah, Penjaminan Mutu Internal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Agus Ramdani
Date Deposited: 05 Dec 2018 05:02
Last Modified: 05 Dec 2018 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11126

Actions (login required)

View Item View Item