ANALISIS TINGKAT KESULITAN YANG DIALAMI PESERTA DIDIK DALAM PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 KOPANG

KHAERUNNISA M., BAIQ. SITI (2018) ANALISIS TINGKAT KESULITAN YANG DIALAMI PESERTA DIDIK DALAM PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 KOPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
BAIQ SITI KHAERUNNISA M-ARTIKEL-2018.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami peserta didik dalam praktikum pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kopang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Kopang yang terdiri dari 552 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang dugunakan adalah instrumen angket tertutup tipe pilihan ganda. Instrumen angket tipe pilihan ganda ini terdiri dari 5 pilihan jawaban alternatif yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), cukup setuju (CS), kurang setuju (KS), dan tidak setuju (TS). Analisis data dihitung menggunakan rumus persentase tingkat kesulitan dan perbandingan persentase tingkat kesulitan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 76,1% mengalami kesulitan dengan kategori sulit. Kesimpulan untuk tingkat kesulitan peserta didik dalam praktikum adalah keterampilan, kesiapan, psikologis emosional kebiasaan sikap, kondisi jasmani minat praktikum, ketelitian konsentrasi, pengetahuan materi praktikum dan motivasi peserta didik. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tingkat Kesulitan, Praktikum, Biologi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:56
Last Modified: 10 Dec 2018 04:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11145

Actions (login required)

View Item View Item