PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 15 MATARAM

RAMADHAN, FEBY PUTRI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 15 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 15 Mataram dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 15 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design.Instrumen yang digunakandalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item untuk mengukurhasil belajar siswa siswa.Hasil penelitian menunjukkan nilai nilai thitung = 2.95 > ttabel = 2,000, dengan db = 83 sehingga thitung> ttabel pada tarafsignifikan 5%. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa PPKn siswa kelas eksperiemen dan kelas kontrol.Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, Model Pembelajaran Problem solving.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:56
Last Modified: 10 Dec 2018 04:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11152

Actions (login required)

View Item View Item