SUHAESA, A.ALHANAEN AS (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE)TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN KELAS XI MIA SMAN 2 LABUAPI TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
Jurnal Skripsi.pdf Download (466kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE)terhadap pemahaman konsep siswa materi kesetimbangan kelarutan kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang ditentukan melalui teknik pengambilan sampel jenuh. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE)untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol. Variabel terikatnya adalah pemahaman konsep siswa dalam materi kesetimbangan kelarutan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest dalam bentuk tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Gain uji-t dengan pengambilan keputusan didasarkan pada uji hipotesis satu pihak (uji pihak kanan). Gain uji-t digunakan untuk menganalisis data pemahaman konsep siswa, didapatkan thitung (1,35) < ttabel (2,021). Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa materi kesetimbangan kelarutan kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci : Model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), Pemahaman Konsep, Kesetimbangan Kelarutan. |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | M Jafar Jafar |
Date Deposited: | 10 Dec 2018 04:56 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 04:56 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11160 |
Actions (login required)
View Item |