PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN TURI TERHADAP PRODUKSI TELUR AYAM RAS

ARFAMA, ESSYA (2018) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN TURI TERHADAP PRODUKSI TELUR AYAM RAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ESSYA ARFAMA.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh level pemberian tepung daun turi dalam pakan terhadap produksi telur ayam ras petelur. Penelitian ini dilakukan di desa Taman Sari, kecamatan Gunung Sari, kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Penelitian menggunakan ayam ras petelur berumur 42 minggu sebanyak 60 ekor dan menggunakan analisis varians atas dasar Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan masing-masing perlakuan terdiri dari 3 ulangan, dan setiap ulangan terdiri dari 5 ekor ayam. Perlakuan yang diberikan P0 (kontrol) ; P1 (3% tepung daun turi) ; P2 (5% tepung daun turi) ; P3 (7% tepung daun turi). Dari hasil penelitian diketahui bahwa pemberian tepung daun turi memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap bobot telur, namun tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, produksi telur dan konversi pakan. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian tepung daun turi dengan level 7% menghasilkan konsumsi pakan yang paling rendah namun menghasilkan bobot telur paling tinggi dan konversi pakan paling rendah jika dibandingkan dengan perlakuan lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ayam ras petelur, tepung daun turi, konsumsi pakan, produksi telur, bobot telur dan konversi pakan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:55
Last Modified: 10 Dec 2018 04:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11165

Actions (login required)

View Item View Item