PERAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DALAM MEMBENTUK KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 1 PRAYA TENGAH

BAIHAQI, IMAM (2018) PERAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DALAM MEMBENTUK KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 1 PRAYA TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL NASIONAL fix.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Kegiatan ektrakulikuler dapat membantu siswa dalam membentuk karakter dan sebagai tempat binaan siswa dalam mengenbangkan potensinya. Oleh karena itu, kegiatan ini banyak manfaat dan pengalaman, khususnya bagi siswa itu sendiri. Salah satunya adalah kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana peran ekstrakulikuler Palang Merah Remaja dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial di SMAN 1 Praya Tengah, (2) Mengetahui bagaimana bentuk dan pelaksanaa ekstrakulikuler Palang Merah Remaja dalam membentuk sikap peduli sosial di SMAN 1 Praya Tengah. (3) Mengetahui apa kendala yang dihadapi dihadai ektrakulikuler Palang Merah Remaja dalam membentuk kepeduli sosial di SMAN 1 Praya Tengah. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Proses kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam membentuk kepedulian sosial siswa di SMAN 1 Praya Tengah dapat berjalan lancar dan terarah yaitu dengan menyusun program bersama oleh pembina yang didalamnya terdapat tujuan terencana yang dikembangkan dalam berbagai jenis kegiatan. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam meningkatkan kepedulian adalah jenis kegiatan upacara pembukaan, berkemah, bakti sosial dan pemberian materi P3K seperti PP (Pertolongan Pertama), PK (pertolongan Keluaraga) dan pengenalan obat- obatan. Kendala atau hambatan kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam membentuk kepedulian sosial keterbatan fasilitas dan masih kurang kesadaran untuk lebih aktif dalam mengikuti setiap kegiatan yang diadakan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMAN 1 Praya Tengah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Dalam Membentuk Kepedulian Sosial Siswa Di Sma Negeri 1 Praya Tengah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:54
Last Modified: 10 Dec 2018 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item