PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO UNTUK NPC (NON PLAYER CHARACTER) MUSUH PADA GAME “TANK TEMPUR” BERBASIS ANDROID

Aska, Ditya Timur (2018) PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO UNTUK NPC (NON PLAYER CHARACTER) MUSUH PADA GAME “TANK TEMPUR” BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
16. JURNAL (aska).pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Logika fuzzy merupakan bagian dari Artificial Intelligence (AI) yang dapat diterapkan untuk pengambilan keputusan perilaku komputer dalam game. Fuzzy logic metode yang baik untuk menyelesaikan kondisi yang tidak konsisten, sehingga NPC atau musuh memiliki beberapa alternatif keputusan yang sesuai dengan kondisinya yang berubah-ubah. Game tank tempur adalah sebuah game yang dibuat dengan mengimplementasikan logika fuzzy didalamnya. Tank tempur merupakan permainan perang tank antara dua atau lebih tank yang saling berlawanan. Penerapan Logika Fuzzy Tsukamoto pada permainan tank tempur sebagai kecerdasan buatan yang dimaksudkan agar tank NPC dapat menyerang lebih baik, yaitu dapat melakukan beberapa opsi keputusan seperti memutuskan terus menyerang, bertahan atau melarikan diri sesuai dengan beberapa kondisi dan pertimbangan yang diberikan. Game ini dibuat menggunakan software Godot sebagai game engine dalam pengkodean dan perancangan. Bahasa pemograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman GDScript. Hasil pengujian yang dilakukan, error yang didapat dari nilai absolut aplikasi dikurang dengan nilai matlab dibagi absolut sebesar 3,02%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan Logika Fuzzy Tsukamoto yang digunakan pada tank NPC berfungsi secara baik. .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Logika Fuzzy, Godot, GDScript, NPC, Matlab
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:54
Last Modified: 10 Dec 2018 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11179

Actions (login required)

View Item View Item