Analisis Data Geomagnetik Sebagai Prekursor Gempa Bumi di Wilayah Nusa Tenggara Barat Menggunakan Data LOK Tahun 2015 dengan Metode Fraktal The analysis of Geomagnetic Data as a Precursor of the Earthquake in NTB Region Using LOK Data in 2015 with Fractal Methode

Jannatin, Nurul Fatin (2018) Analisis Data Geomagnetik Sebagai Prekursor Gempa Bumi di Wilayah Nusa Tenggara Barat Menggunakan Data LOK Tahun 2015 dengan Metode Fraktal The analysis of Geomagnetic Data as a Precursor of the Earthquake in NTB Region Using LOK Data in 2015 with Fractal Methode. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki wilayah tektonik sangat aktif termasuk Pulau Lombok. Karena itu sejumlah besar kejadian gempa bumi yang kadang disertai tsunami dan erupsi gunung api serta dapat terjadi sewaktu-waktu, sehingga penelitian untuk mengetahui prekurrsor gempa bumi di wilayah ini sangat diperlukan. Pada penelititan ini dilakukan pengolahan data geomagnetik dari bulan Januari sampai bulan Desember 2015 dengan menggunakan data dari Observatorium Geomagnetik Lombok (LOK) dengan metode fraktal.Metode analisis fraktal memanfaatkan data medan magnet komponen H,D, dan Z dalam domain frekuensi. Fast Fourier Transform (FFT) dilakukan untuk mengubah data dari domain waktu ke domain frekuensi. Kemudian dilakukan penapisan dengan range frekuensi ULF 0.001 – 0.2 Hz. Magnitudo maksimal dari masing-masing komponen medan magnet diambil untuk menghitung nilai power spectral density (PSD), selanjutnya nilai beta dari gradien log PSD terhadap log frekuensi. Dimensi fraktal dihitung menggunakan persamaan Russ. Hasil dimensi fraktal kemudian di analisa terhadap kejadian gempa tahun 2015 yang diperoleh dari database US Geological Survey (USGS). Berdasarkan analisa yang dilakukan terlihat anomali prekursor gempa bumi dengan dimensi fraktal dimana terjadi peningkatan nilai dimensi fraktal (D0),yang berkisar antara 1.38 ≤ D0 ≤ 2.03.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): geomagnetic, gempa bumi, precursor,FFT,LOK.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:54
Last Modified: 10 Dec 2018 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11180

Actions (login required)

View Item View Item