ANALISIS RANTAI PEMASARAN BAWANG MERAH DI KABUPATEN BIMA

NURJUMIYATI, NURJUMIYATI (2018) ANALISIS RANTAI PEMASARAN BAWANG MERAH DI KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NURJUMIYATI.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (i) memetakan rantai pemasaran bawang merah di Kabupaten Bima; (ii) menganalisis fungsi pelaku pemasaran bawang merah di Kabupaten Bima; dan (iii) menganalisis margin pemasaran bawang merah pada tingkat pelaku dan tingkar rantai di Kabupaten Bima.Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Ditemukan bahwa pemasaran bawang merah di Bima melibatkan tiga rantai, yaitu:(i)Petani (P)-Pedagang pengumpul desa (PPD)– Pedagang pengecer (PP) Bima–Konsumen (K) di Bima; (ii) P–PPD– Pedagang antar pulau/besar (PAP/B)–PPdi Mataram - K; dan (iii) P – PPD – PAP/B – PP di Provinsi lain – K di Provinsi Lain. Proporsi aliran produksi bawang merah adalah 42% melalui Rantai I, 25% melalui Rantai II, dan 34% melalui Rantai III.Harga yang diterima petani bawang merah tidak berbeda menurut rantai pemasaran, yakni: Rp. 1.800.000 per kwintal.Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh petani adalah penjualan, penyimpanan, pengangkutan, sortasi, dan penanggungan risiko. Semua fungsi ini juga dilakukan oleh PPD, dan PAP/B, ditambah dengan fungsi-fungsi berikut: pembelian, pembiayaan, penanggungan risiko, dan informasi pasar.Semua fungsi pemasaran yang dilakukan oleh PPD dan PAP/B adalah juga dilakukan oleh PP, kecuali: fungsi pembiayaan. Marjin pemasaran pada Rantai I adalah 12,84 persen dari harga konsumen, lebih rendah dibandingkan dengan margin pemasaran pada Rantai II yang sebesar 11,51% dari harga konsumen. Margin rantai pemasaran III tidak dianalisis karena data tidak lengkap. Perbedaan margin pemasaran antar rantai pemasaran tersebut adalah terutama disebabkan oleh faktor selisih harga konsumen dan harga petani, bukannya oleh faktor biaya pemasaran. Proporsi margin pemasaran terhadap harga jual masing-masing jenis pedagang bervariasi antar rantai pemasaran: PPD menerima antara 5,71% dan 6,25%; PAP/B antara 0,52% dan 5,21%; dan Pengecer antara 2,26% dan 7,02%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rantai Pemasaran, dan Margin Pemasaran Bawang Merah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:54
Last Modified: 10 Dec 2018 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11186

Actions (login required)

View Item View Item