MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN AYAM RAS PETELUR GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS TELUR DI KAWASAN PETERNAKAN UNGGAS DESA SANTONG KECAMATAN KAYANGAN, KABUPATEN LOMBOK UTARA

Ni Ketut Dewi Haryani, Dewi and Ichsan, Muhammad and Budi, Indarsih and Nyoman Sukkerta, Jaya and Asnawi, Asnawi and Hasil, Tamsil MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN AYAM RAS PETELUR GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS TELUR DI KAWASAN PETERNAKAN UNGGAS DESA SANTONG KECAMATAN KAYANGAN, KABUPATEN LOMBOK UTARA. MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN AYAM RAS PETELUR GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS TELUR DI KAWASAN PETERNAKAN UNGGAS DESA SANTONG KECAMATAN KAYANGAN, KABUPATEN LOMBOK UTARA.

[img] Text
Repository (Dewi).docx

Download (19kB)

Abstract

Desa Santong Kecamatan Kayangan adalah daerah terpencil di Kabupaten Lombok Utara. Hasil kajian kerjasama Fakultas Peternakan Unram dengan BAPPEDA Kabupaten Lombok Utara desa tersebut cocok dijadikan sebagai kawasan pengembangan ayam ras petelur, karena sebagian besar masyarakatnya beternak unggas terutama ayam ras petelur. Permasalahan yang dihadapi peternak ayam ras petelur yang berada di kawasan tersebut adalah rendahnya produksi dan kualitas telur yang dihasilkan, sehingga hotel-hotel yang ada di kawasan wisata enggan menggunakan telur yang berasal dari wilayah Kabupaten Lombok Utara. Guna mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan sentuhan teknologi yang dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas telur ayam ras di kawasan peternakan unggas Desa Santong. Salah satu upaya guna meningkatkan produktifitas ayam ras petelur di Desa Santong adalah dengan melakukan pembinaan mengenai manajemen pemeliharaan ayam rsa petelur. Tujuan umum kegiatan ini adalah meningkatkan pendapatan peternak ayam ras petelur pada kawasan peternakan unggas di Desa Santong Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Sedangkan tujuan khusus adalah meningkatkan produksi dan kualitas telur ayam ras yang dipelihara peternak di kawasan peternakan ayam ras Desa Santong Kecamatan Kayangan kabupaten Lombok Utara. Guna mencapai tujuan tersebut telah dilakukan kesepakatan antara tim pengusul dan pelaksana dilapangan antara lain: menyediakan Pakan Suplemen, pelatihan-pelatihan berupa : pelatihan manajemen pemeliharaan ayam ras petelur, manajemen pakan, pengendalian penyakit dan manajemen pemasaran. Kegiatan pengabdian sudah dilaksanakan dan memberikan hasil yang positif, dimana peternak sangat antusias dalam menerima pelajaran dan pelatiahan dari tim pengusul. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul terutama dalam hal teknik pemeliharaan ayam ras petelur. Dari hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa : Pelaksanaan pengabdian berjalan lancer sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya seperti pelaksanaan penyuluhan, demonstrasi dan pemberian bantuan kepada para peternak ayam ras petelur. Antusias masyarakat sangat tinggi dengan kehadiran tim pengabdian ke lokasi, hal ini terlihat dari tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi. Timbulnya gairah peternak dalam berusaha ayam ras petelur akibat dilanda gempa bumi. Harapan msyarakat kedepan adalah perlu pembinaan secara berkesinambungan guna terus meningkatkan produksi dan kualitas telur ayam ras di Desa Santong Kecamatan Kayangan Kabupeten Lombok Utara.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): pengabdian, ayam ras petelur, lombok utara
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Dr. Ir. Asnawi
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:53
Last Modified: 10 Dec 2018 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item