PENGARUH LEVEL EKSTRAK WORTEL (Daucus carota) PADA PENGENCER TRIS KUNING TELUR AYAM DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING KACANG PADA SUHU 50 C

NANDA, SUGATHA (2018) PENGARUH LEVEL EKSTRAK WORTEL (Daucus carota) PADA PENGENCER TRIS KUNING TELUR AYAM DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING KACANG PADA SUHU 50 C. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh level ekstrak wortel (Daucus carota) sebagai bahan pengencer dalam mempertahankan spermatozoa kambing kacang pada suhu 5˚C. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pusat Unggulan Biosains dan Bioteknologi Fakultas MIPA Universitas Mataram. Materi penelitian ini yaitu semen kambing kacang berumur 2 tahun. Penampungan semen dilakukan selama 5 minggu dengan menggunakan vagina buatan dan pemeriksaan dilakukan 1 kali seminggu. Metode penelitian ini menggunakan eksperimental laboratorik dengan Rancangan Lengkap dengan 4 perlakuan 5 ulangan. Variable yang diamati adalah motilitas, viabilitas, abnormalitas, dan integritas membran plasma spermatozoa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi 4% memberikan hasil yang terbaik dalam mempertahankan kualitas spermatozoa kambing kacang selama 4 hari pada suhu 5˚C dengan rataan motilitas 44 ± 10,25%, viabilitas 76,4 ± 1,67%, abnormalitas 11,8 ± 1,30%, dan integritas membran plasma 28,4 ± 3,58%. Disimpulkan bahwa penambahan ekstrak wortel mampu mempertahankan kualitas spermatozoa kambing kacang pada penyimpanan 5˚C.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kambing kacang, semen, kualitas, ekstrak wortel.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:53
Last Modified: 10 Dec 2018 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11196

Actions (login required)

View Item View Item