Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Lesson study Bagi Guru-guru Pendidikan Ilmu Sosial Sekecamatan Dompu

Wadi, Ilyas Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Lesson study Bagi Guru-guru Pendidikan Ilmu Sosial Sekecamatan Dompu.

[img] Text
WADI ABTRAK ARTIKEL ILMIAH 2018.docxok.docx

Download (36kB)

Abstract

Permendiknas nomor 16 tahun 2017 menyatakan bahwa seorang guru harus memiliki empat kompetensi yaitu, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Kompetensi-kompetensi tercermin dalam kegiatan penyampain materi pembelajran mulai dari perencanaan (Persiapan RPP, media/alat bantu, metode/model yang digunakan, LKS,), pelaksanaan (proses pembelajaran) dan refleksi. Namun realitanya ditemukan permasalahan-permasalahan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Padahal sudah diberikan pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan profesionalismenya. Untuk itu penting memperkenalkan alternatif solusi bagi guru-guru agar mampu meningkatkan proses pembelajaran yang lebih inovatif melalui penyusunan perangkat pembelajaran sesuai kurikulum 2013 pendekatan lesson study. Perangkat kurikulum 2013 seperti silabus, RPP, Lembar Kerja Siswa (LKS), Media, dan Penilaian. Tahapan dari Lesson study ini mencakup 3 tahap kegiatan, yaitu 1) perencanaan (planning), 2) implementasi (action/do) pembelajaran dan observasi; 3) refleksi (reflection/see). Pengabdian dengan judul”Workshop Penyusunan RPP Kurikulum 2013 dengan pendekatan Lesson studi” telah terlaksana. Hal ini dibuktikan 1) Guru-guru pendidikan Ilmu sosial di SMA/MA Kecamatan Dompu mengawali kegiatan dengan menyiapkan Silabus kurikulum 2013 mata pelajaran yang diajarkan seperti sosiologi, geografi, sejarah, dan ekonomi; 2) Guru-guru Pendidikan ilmu sosial mencoba memprkatikkan tahapan-tahapan lesson studi 1) Tahap perencanaan dengan menyusun RPP, Lembar Kerja dan Media pembelajaran, dan Lembar observasi, 2) Tahap pelaksanaan, guru-guru pendidikan ilmu sosii melakukan simulasi perangkat yang sudah disusun (ada yang menjadi guru model, ada yang menjadi siswa, dan ada yang menjadi observer; 3) Tahap refeksi, melakukan kegiatan simulasi refleksi dari pelaksanaan (do) yang sudah dilakukan.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Perangkat, Pembelajaran, Lesson Study,IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Muslimin Muslimin
Date Deposited: 10 Dec 2018 05:03
Last Modified: 10 Dec 2018 05:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11205

Actions (login required)

View Item View Item